Ruqayyah Aisyah Rahma 


Haii world! 

Akhirnyaaa dek qayya lahirr

Setelah melalui proses panjang hihii.. Beda banget pokoknya sama proses kelahiran kakaknya, 

Proses persalinan kali ini agak alot… Sering kontraksi palsu (si adek ngajak pemanasan kali yeee soalnya tau proses die bakal special), lebih ugh, dan lebih lama..  Tanda2 persalinan udh kluar darah dr tanggal 28 tengah malam, tggl 29 udah mulai kontraksi.. 

Waaaah akhirnyaa gelombang cinta yg ditunggu2 bakal dateng (setelah si ibuk rada galau lewat hpl dan sama dokter udah dikabarin mau induksi).. Tggl 29 sore udah mulai kontraksi yg lumayan, rasa kontraksinya beda hiks.. Bubid kasih tau kalo kontraksi udah 5/3 menit sekali suruh telp aja biar bubid langsung berangkat ke rumah.. Hbs maghrib udh ngerasain kontraksi mulai intens 8 menit sekali.. Akhirnya jam 12 malam ngabarin bubid kalo kontraksi udah mulai rapet 5,4 menit sekali min durasi semenit, wah habis ini lahir nih.. Haha ayah udah pede banget ngisi air anget ke kolam.. Wuihh udah pede banget si ibuk ama ayah yeee, (batinnya ini tuh rasanya udah sakit banget dan intens kayak dlu pas dija bukaan 8,9)..

Taraaaa bubid datang, yang ditunggu tunggu, akhirnya cek dalam.. Dan shockkkkk karena ternyata masih bukaan 2.. Hahaha si ibuk blm ikhlas, kok bisa kayak gini ini tak mungkin.. Ak dlu bukaan 2 masih bisa belanja baju, dtg ke rs bukaan 5 masih pengen pulang dlu tp ditahan.. Bukaan 8 masih cekikikan nonton film d hp sm ayah.. Ini bukaan 2 kenape beginii, tapi bubid menenangkan, aah gpp.. Yuk yuk rileks… Mencoba tetap tenang..

Ngantuuuuuk beraaat, capek, sempet nangis d kamar mandi curhat sm ayah,, huhu kuat gak ya aku yah,, capek banget, ngantuk,, sampe kapan ini.. Sampek pagi rasanya teteep.. Jam 8 di cek masi buka 4.. Ayo adek smangat carik jalannya !!! Dan taraaa stg 12 ketuban pecahh.. Waaah ayo2 siyap2, waktu di cek udah buka 9,, Nyemplunglah ke kolam.. Langsung mak nyessssss wenaaaaakk, sakitnya jauh jauh jauh berkurang, sama bubid dikucurin air anget ke badan duh wenakk.. 

Smpek jam 12 lebih ga keluar2, haha si ibuk kecapean, diajak nyobak ke kasur sapa tau mau keluar,, eh pas ke kasur 12.25 dek qayya lahir.. Alhamdulillah, allahuakbar.. Kata bubid, asisten, suamik, sm tante yg liat prosesnya, bayiknya muka nya hadep depan nggak hadap belakang aka mal posisi, posterior.. 

Oalah si genduk gamau berenang, mau di darat aja.. Hihi.. Its okayy dek! 

Just listen your baby, trust your body and keep do’a..

Penasaran lebih dalam tentang posisi posterior, ternyata infonya lengkap banget di bidankita.. Huhu kukira udah tamat baca keseluruhan isi web nya, ternyata masih ada yg belum kebaca.. Lengkap banget smpek cara2 menghindari nya ada.. Aaah tak apaaa.. Sudah takdir.. Biar makin banyak pengalaman.. Hehe.. Ini dia info ttg malposisi posterior, 

Special thanks to bu bidan cinta aka bubid nurul aini dan asistennya bu bidan rizki.. Makasih banyak udah mau datang jauh2 ke rumah, sabar, telaten, mijit2 manja heheh, menguatkan banget.. Makasiih buat kluargaaaa, ayah dijaaaa yg udah jadi suami siagaaa hihii.. Akhirnya keturutan homebirth, lotusbirth, walaupun gagal waterbirth wkwkwkw.. 

Qayyaaaa,, hihi

Ruqayyah aisyah rahma

Pas hamil liat board di samping masjidil haram isinya silsilah keluarga nabi smpek bawah banget.. Langsungggg jatuh hati sama nama inii.. Lainnya ayahnya yg nyumbang.. Wwkwk

ruqayyah

artinya lemah lembut, 

putri nabi bersama ummul mukminin ibunda siti khadijah, yang kemudian dinikahkan dengan sahabat usman bin affan radhiyallahuanhu.. Wanita pahlawan dua hijrah.. Semoga akhlaknya bisa meneladani beliau.. Aamiin..

Aisyah

Ummul mukminin.. Hihi ayah dija ngotot nama ini, istri nabi pokoknya dek.. 

Cerdas, pintar, berkulit putih, 

Kalo ibunda satu iniii pasti sudah banyak yang tauu keistimewaan beliau apa saja,

Rahma,

Semogaa dek qayya selalu dirahmati allah swt.. Aamiin.. Aamiin.. 

Hihii begitu cerita kelahiran dek qayya

Doakan jadi anak sholehah, hafizhah, penyejuk keluarganyaa yaa.. 

Aamiin..

Advertisements

Hey Goblokk itu kereeenn !!


Halo halooo guatel banget pengen nulis pengalaman satu ini.. So many things to learn.. 

Jadi saya ketemu abah umi ini sekitar sebulan yang lalu ketika mereka booking makeup wedding untuk putrinya.. Pasangan yang sudah berumur ini friendly abissss.. Nah tadi pas ke rumah mereka kita dibikin bergidik sama skill abah satu inii dan hormat sang umikk..

Jadi ceritanya abah lagi bangun rumah di depan rumahnya, rumahnya anti mainstream deh.. Unik pwoll !! Kudu masuk tipii acaraa home home an iki !! Hahaha sembari nunggu klien, saya ngobrol sama liat2 bangunan rumahnya.. Sumpaaah lucuuu, unik pokok nya unpredictable anti maninstream.. Hunian barunya di tanah seluas 6*17 meter udah ada 2 kamar plus kamar mandi dalam.. Ada ruang keluarga, ruang santai, dapur, pantry,, dan yang emejing Ada kolam renang.. Makkk emejingg di tanah sesempit itu ada kolam renang nyaa.. Desainnya pun modern banget.. Minimalis kekinian hitsss.. 

Wahhh curious bangett nih, alhasil saya kepoooo abis sama abah ini, saya ngertinya abah ini pokoknya sibuk srg keluar kota beliau bilang kerja nya nguli rumah, ihwaaw kan.. Me: pak kece bangettt desain dan kemampuan bikin rumahnya, dlu lulusan mana pak?.. Abah: walah mbak saya ini wong goblokk, cuman lulusan stm, itupun karena teman ortu saya baik mau menerima saya di stm nya.. Padahal saya smp aja 5 tahun dan gak lulus2 ujian smp itu ngulang sampe bosan.. Saya gakbisa matematika bahasa inggris mbak saya guoblokk.. Nilai saya yang bagus cuman menggambar, kerajinan tangan sama ilmu ruang.. Lainnya itu nggak lulus semua.. Saya dulu di smp 1 malang 5 tahun gak lulus2 akhirnya hijrah ke jember di stm diterima karena tes stm (menggambar, desain) nilai saya bagus.. 

Dalam hatiii saya langsung ahaaa moment banget.. Ahhh ini baruu orang sukses kerja sesuai passion nya.. Super keceee.. Seorang arsitek dan sipil merangkap pinternyaa, otodidakkk, imajinasinya keceee, tukangnya banyakkk… Saya makin berdecak kagumm pas liat ruang kerjanya luassss, papan gambarnya guede ala2 arsitek keceeee dengan banyak gambaran yg saya liatnya aja udah nggliyeng karena kecil, detail dan riwehh.. Abah: Saya gakbisa autocad mbak, gak ngerti internet.. Omooo.. Jadi semua desain keren ituuuu dari kesukaan dan imajinasi beliaunyaa.. 74 tahun men.. Masik nggambar desain rumah detail manual.. Enerjik.. Beliau inget ke nama kita, anakku, duh uteknya gak kakean micin menn.. Gak kayak utekku suombong e nemen, kadang klien2 lama gtu udah lupa namanya, duh utek jarang digosoook astagfirullah.. 

Hmmm.. Kebayang gak gmana dlu di masa remaja abah kalo sang ortu masukin dia ke tempat les buat di drill matematika dan bahasa inggris? Bisa gak dia jadi kontraktor handal dengan bayaran ratusan juta kayak sekarang?? Hmm big no kayaknya.. Ortunya malah masukin dia, cariin dia stm.. Sekolah yang emang sesuai kemampuannya, kekuatannya.. Duh keren wes.. Mulai dari nggambar sampe takaran adonan semen, perkayuan, apapun tentang rumah wes fasih nglontok, belajar tanpa internet, tanpa teknologi tapi hasil e cuyyyy monggo diliat sowan ke rumahnya, ngerihh.. 

Aaahhhh yuk bersamaiii anak! jangan sampai ego-ego kita, cita2 keinginan kita, kita selipkan atau kita paksakan di pendidikan anak kita.. Biar mereka tumbuh sesuai fitrah nya sesuai bakatnya.. Bersamai, fasilitasi, iringi dengan doa.. 

Pelajaran lainnya saya dapet dr sang umik.. Umik yang rajin, patuh nemen, hormat polll sama abah.. Satu kalimat yang beliau katakan yang bikin saya jluebbb nemen adalah ketika beliau cerita: duh mbak saya gak bisa nyetir mobil, sepeda gak bisa semua.. Kalo bisa nyetir nanti saya ngider kelayapan terus.. jalan membangkang ke suami semakin lebar.. kebanyakan diluar rumah nambah murkanya suami sama allah.. Di rumah aja mbak saya suka masak, sama ngurusi anak anak.. Ihwawwwwww nemen padahal di rumahnya motor berjejer, 2 mobil harga diatas 200juta nyepak, ada merci mini lucu yang harganya bkin sesek, isi 2 org aja yg bisa matic atau manual nangkring gak kepake, tekad e kuat menn… Umik ini sangat enerjik dan jauh umurnya dibawah abah.. Tapi bisa merendahkan diri serendah2nya dihadapan suami.. Sualuttttt nemennn polll.. Jan hormat patuh e itu gak umum kayak wanita2 jaman sekarangg broo.. Mungkin itu bkin rejeki kluarga ini ngucuuur asikk.. *sungkem ke pak suami yukkk biar kran rejeki digrojok sama allah.. Rejeki apa ajahhhh.. Ridho allah ridho suami.. Dari berbagai org sukses khayal yang saya tau pasti ada istri yang muanuttttttt hormat sama suami nya.. Jihadnya wanita!! Okesip!!!

Sekian maaf panjang lebar… Gak rela cerita emejiiiiing sang abah umik gak dibagii sama temen2.. Semoga bisa kita teladani.. Aamiin..

Mereka kah kita ??? 


​Kajian ustadzah maya pekan lalu sangat menggelitik.. Beliau menceritakan tentang sebuah fenomena yang sekarang sangat berbanding terbalik dengan akhlak nabi.. 

Di ​suatu malam nabi keluar rumah karena kelaparan.. Di jalan beliau bertemu dengan abu bakar dan umar bin khattab yang ternyata juga sedang kelaparan.. Akhirnya beliau ber3 pergi ke rumah seorang sahabat yang dermawan.. Sahabat tersebut menyajikan air putih segar, kurma, kambing.. Seketika itu pun rosul menangis, abu bakar menangis..Umar berkata: wahai rosul mengapa engkau menangis bukankah kita sedang kelaparan? Seharusnya dengan adanya sajian seperti ini kita perlu berbahagia kan? Rosul+abu bakar: nikmat yang banyak ini akan kita pertanggungjawabkan di akhirat kelak wahai umar.. 

Wawwwww.. Hanya air, kurma, dan kambing rosul sampai menangis.. Kalo kita orang malam2 lapar ya delivery makanan ini itu datang langsung santapp kalap.. Apalagi fenomena hadir di perjamuan makan di pesta pesta, huwooo mungkin udah lalaiii suka lupa sama adab2 makan.. Huhuuu..

-Makanlah sambil duduk.. 

-Makan dengan tangan kanan.. 

-Awali dengan bismillah, waduhh kalo kadung kalap liat makanan yang wenak2 yo bisa jadi juga lupaa.. 

-makan dengan tiga jari.. Yamboook ga terima tiga jarii.. Kitorang lek krokot2 ayam, kepiting, 10 jarii isok gerilya kabehh..

-Ambil makanan yang terdekat.. Ga terimo terdekattt.. Satu ruangan isi makanan bisa jadi kita puterin.. Dulu di jaman nabi ada anak yang mengambil makanan dari semua sudut nampan saja ditegur oleh rosul, ya alloh ndahne ooo kenee rekkk lek mangan sak sakri sak gracak diputeri sampek klempoken astagfirullah PR nemen !!! 

-berhentilah sebelum kenyang.. Walah yo mumpunggg makan gratiss yo di pol pol nooo tah di wenak wenaknooo.. Berlebih2an, mumpung mumpung dan mumpung.. Kalopun tidak di perjamuan makan ketika kita beli makanan di tempat makan kita seolah kalap mata mau pesan ini itu padahal kita tau dengan satu menu saja kita bakal kenyang.. “Seorang mukmin makan dengan satu lambung, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh lambung.”(HR. Bukhari dan Muslim).. QS Muhammad 47:12 “Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mukmin dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan jahannam adalah tempat tinggal mereka.”

Benar yang dikatakan para ulama.. Jaman sekarang mereka menghancurkan muslim dengan food, fashion, fun.. Kulinerrrrr kesana kemariii.. Mangaaaan.. Hepi hepiiii.. Sesungguhnya kata rosul itulah ciri orang kafir yang dalam perumpamaaan disebut seperti hewan,, yang hidupnya hanya ingin makan dan bersenang2.. Dan mukmin adalah mereka yang menahan dirinya.. Karena sesungguhnya dunia adalah penjara bagi orang2 yang beriman.. Ya alloh ke kaplok bangett ya alloh ampuniii.. Susah sedikit sedihh ngresulooo, pengennya having fun teruss dulinn terus.. Mungkin tanda redupnya iman di dada.. Astagfirullah..

😦

Weaning? So easy !!!


​Menyapih itu ternyataaa mudah banget !!! No dramaaa no cry no duku no jampiii no yang jelek2 hahaha..

Yeay 2 tahun dija ! Waktunya disapih nih, udah sounding berarti dia insyaallah udah paham..Eeeeeeh Ternyataaa dia belum siap, masih gak terima.. Bukan dia aja sih.. Emaknya juga rada2 belum siap, masih suka mbrebes pengen nyusuin, sedih blablaaa..
Terus biasa curhat ke mak suhu, mak chacha..Wkwkwk makasi makk..”Lhaa itu tanda belum siap, yawes biarin aja nunggu siap” Oke baiklah..

Dan ternyataaaaa ketika kita berdua siap menyapih itu sangat mudah..

2 tahun 6 bulan sekarang umurnya.. Sekarangg dia udah ogah2an sendiri nenen.. Lebih suka makan pepaya, pisang, nasi sayur asem, sop, dan cemilan2 lain..Intinya nafsu makannya meningkat.. 

Dulu pas 2 tahun nyoba nyapih susahnya minta ampun, kalo malam tidur kudu gendong, tengah malam bangun kudu gendong.. 

Sekarang maaaah gampangnyaaa, mau tidur tinggal dikelonin, dicritain ngalor ngidul, dibacain al mulk udah tepar duluan si bayik..

Tengah malam bangun pun tinggal di puk puk, kalo haus dia bilang mau minum trus diminumin eh terus bobok lagiii.. 

Wooooo asikk tanpa dramaaa tanpa gendong2an.. Hihii

Aaah senangnyaa..

Saya udah pasrah dulu pas 3 hari nyoba nyapih dan gagal.. Ahhh umur berapapun dia brenti sok aja lah.. Selama bisa nenenin saya mah seneng2 aja.. Gak akan maksa2 nyapih lagi.. Biar dia ogah ogah sendiri.. 

Eh ternyata bener ini!!! gampang bgt!! kalo dia kekenyangan makan cemilan dkk pasti sekali tepok paha langsung bobo.. Hihii

No drama no cry yaaa wkwkwkw..

Ternyata semua memang ada masanya.. 

Penyapihannnya bukan yg saklek lgsg sehari no nenen lah..

Kdg sehari dua hari klo dia kangen suka bilang ak liat mimik boleh? Aku empeng thok boleh? Kadang klo lagi zonk yaa dia blg ak incip kikit thok ya wkwkwk.. Tp ya beneran cuman disedot sekali terus udahan.. 

Selama ini dia kuat bgt imunitasnya gara2 asi, jarang sakit, kalo pun sakit cepet sembuh cmn diteter asi, mata belekan di asi lgsg sembuh (entah mitos atau gak tp ak sll ampuh), gigi mulut berdarah hbs jatuh di asi langsung mampet darahnya.. 

Suatu saat dia jatuh mulutnya berdarah, asi kan andalan banget.. Emaknya nih dasar masih ga mau rempong eh udh kesapih tapi tetep aja disodorin asi hihii..Dia nya sambil nangis kejer nyedot2 seperti biasa akhirnya mampet alhamdulillah..

Eh si bayik dapet celah, kadang sekali dua kali suka alibi pura2 sakit biar di nenenin hahah, Ibuk aku atit lah boleh kan nenen kikit? 

Hahaha kangen ya dek.. Monggoo.. Tp ya sekali sedot udah ngibriiit.. 

Having fun ajaaaa.. Dibuat enjoy selowww ternyata mudah..

Hihii seperti biasahhh semoga membantu curhatannya kali ini buat yang mau nyapih.. Yah intinya ditunggu sampai ibu dan batita siap, sambil di sounding terus.. Dialihkan ke makanan.. Dan yang terakhir dan paling penting, jangan sampe terlintas pikiran duh nyapih rempong angel kudu nggendong malam2 kudu iki kudu iku hahaha.. Kadang emang hantu di kepala ini belengguuu hidup paling nyata!!!!! Everything is okay rockin’ mommyy!!! Let it flowwww 🙂

Hihii biasa yaaaaah curhat2an kecil emak galau bin rempong… Menghabiskan jatah harian 20.000 kata per hari biar ga dipake buat ngomel di rumah yaaa.. 

:p

tarbiyatul aulad by teh kiki barkiah


Alhamdulillah, Alhamdulillah wa syukurilah Allah pertemukan dengan ibu-ibu hebat yang menginspirasi tadi pagi..
Sempat desperate gara2 sabtu lalu batal menimba ilmu dari teh kiki..
Cuman mbathin dan berdoa sama Allah, someday pengen ya Allah belajar dari penulis buku yang bukunya nujleb banget itu,,
ALLAH KABULKAN YEAY !!
daaaaan ternyata LIVE nya lebih tujleb !!!
seberasa ciut, kecekik, susah nafas sepanjang acara tadi pagi..
bisa gak ya jadi ibuk keren gitu?
bisa gak ya jadi smart mom kayak gitu? pinter agama banget,
bisa gak ya jadi ibuk yang sabar, fokus sama anak-anaknya?
saya bener-bener ciut, bingung mboh deh nano nano rasanya..
ya alloh kok ada ibu keren begitu, kok bisa ada ibu seperti itu..
saya bisa ta? ciut, rendah diri banget 😦
hmm.
TAPI SAYA PUNYA ALLAH..
saya kudu doaaaaa doa doaa aja biar bisa,, biar allah mampukan allah kuatkan..
prolog dari ustadzah idola hehe aka ustz maya bikin semangat..
sebagai muslimah kita harus siapkan 3 kekuatan, (quwwah):
1. Kekuatan Iman
2. Kekuatan ukhuwah islamiyah
3. Kekuatan amunisi (generasi: anak-anak pembangun peradaban)
karena penunjang keberhasilan anak adalah dari 3 elemen:
1. Rumah (60%)
2. Sekolah (20%)
3. Lingkungan (20%)
so, berusaha melihat ke dalam sebelum kita kadang menyalahkan lingkungan, sekolah jika ada ketidaksesuaian sama si bocah..
sudah penuh cinta kah rumah kita? komunikasi positif sudah terbangun kah? blabla panjang banget..
maaaapp ya tulisannya agak panjaang..
soalnya materi tadi buanyaaak banget, sayang kalo gak ditulis kadang suka lupa.. hihihi.
mulailah teh kiki sharing,,, khidmat, ibu2 juga banyak yang nangis terharu
1. Ancaman gadget pada usia emas anak
menghilangkan kerepotan di masa kecil=menumbuhkan kerepotan di masa datang
di 3 tahun pertama perkembangan otak anak begitu cepat,
Waktu terbaik untuk meningkatkan kemampuan motoriknya,
di tahun ini anak belum mampu mengkorelasikan gambar 2 dimensi dengan hal yang nyata.. jadi di tahun ini TIDAK DIPERLUKAN gadget, tv, bla bla
bukan karena apa yang dilihat di depan gadget tidak bermanfaat tapiiii
APA YANG TIDAK DILAKUKAN DIA KETIKA DIA ADA DI DEPAN GADGET !!
yaaak ! dia akan kehilangan main tanah, main tanaman, bermain dengan alam,
EXPLORE alam sekitar lebih berharga untuk investasi otaknya.
selain itu BERMAIN dan BERINTERAKSI adalah kebutuhannya, karena di awal tahun kehidupannya inilah mereka membangun kepercayaan pada dunianya.
Permainan terbaik adalah bermain dengan manusia, berinteraksi dengan ayah ibunya, bukan anteng depan gadget..
hal ini sangat baik karena akan menumbuhkan kreativitas anak, problem solving, menyelesaikan tugasnya,,

2. Ancaman gadget yang menjadikan anak ACUH, TIDAK PEKA, don’t care
Jaman dulu anak nonton tv/ melihat gadget hanya 3-4 jam/hari.
Banyak permainan tradisional berkelompok yang support aktivitas fisik sang anak..
sekarang anak-anak menghabiskan waktu depan gadget/tv minimal 7 jam/hari.
Hal ini menjadikan buanyaaak masalah: gangguan pola makan, obesitas, tidak fokus, nomophobia, sulit berinteraksi, gangguan tidur yang berujung pada sarana perilaku terlarang naudzubillah..
Berujung pada anak yang TIDAK PEKA problematika umat, hilang ghirohnya..
Buat mereka sibuk dengan hal yang lebih baik, bukan kesia-sian, kegiatan sampah !
jleb jleb..

3. Ancaman Gadget pada PORNOGRAFI
yaaah kita semua udah tau bahaya pornografi, kerusakan otak yang lebih parah daripada narkotika..
SIAPKAN WAKTU UNTUK BERBAGI RASA !!
anak hanya butuh waktu kita untuk mencurahkan dopamine cinta… alamakkk…
Kenalkan sex education di rumah,, JANGAN sampai mereka tahu dari luar
START !! TANAMKAN benih yang baik, iman dan akhlak terlebih dahulu..
amaze banget liat teh kiki yang selalu menyambungkan agama, quran, shiroh di setiap kegiatan hariannya,, effort besarnya itu menghasilkan anak  soleh soleha yang hafiz,,
huwowwww.. seberasa berat dulu belum memulai.. smangat !!

Kasus-kasus LGBT, pornografi, anak sd sodomi anak tk dkk akibat mereka kehilangan idola, rapuh konsep hidup dan nggak memiliki visi hidup yang jelas…
Game-game ngeri beredar.. bisa tah anak kita jadi baik??
PERTANYAANNYA yang tujleb banget !!!
SUDAHKAH ada percakapan tauhid dan akidah bermutu layaknya percakapan lukman dan anaknya di rumah kita??
Adakah halaqah-halaqah kecil di rumah membahas akhirat, iman, visi misi hidup di dunia?
Adakah kita bercerita teladan dari para shohabiyah, sirah-sirah yang melekat pada tiap lini kehidupan?
MANA BISA ada generasi setangguh Muhammad al-fatih, khawarizmi, ibnu sina kalo kita ortunya di rumah datang capek kerja main gadget, komunikasi ala kadarnya tanya anak: uda makan, PR udah beres? udah ngaji? udah ke TPA? udah hafal berapa juz? tapiiiii kitanya gak ngacaaa 😦
di rumah ketemu cuman tanya-tanya standard, masuk kamar main gadget, berangkat salaman, MEMBISUUUU
DAN KITA GA SADAR !!
astagfirullah.. ya alloh abot klo mau nyontek pengasuhan teh kiki, gimana rosul ya abotnyaaa 😦

ANAK KITA NGGAK HIDUP DIJAMAN KITA KECIL,
ortu kita kerja blabla gausah mikir parenting sampek ngoyot, kita masih bisa jadi baik sesuai aturan lah minimal,
karenaaa ortu tebar bibit, mendoakan, tanahnya masih subur, gak ada kontaminasi seperti era globalisasi sekarang ini..
beda sama jaman anak kita,, huwoww.. ANAK DIKEPUNG DISODORI pornografi, ancaman2 gadget diatas tapi kita gak sadar..
huhu pliss jangan excuse 😦

Cara nya nih tips dr teh kiki:
– selalu menanamkan benih keimanan.
– menumbuhkan dan menyuburkannya dalam setiap lesson plan.
– menjaga fitrah keimanan karena setiap anak SUCI
– menggali hikmah
– memastikan istiqomah
*SIROH NABI sebagai kurikulum wajib
*Mengkorelasikan setiap kejadian sehingga menumbuhkan keimanan
*Menghadirkan sosok rosul sebagai idola

JAMAN SEKARANG HARUS BERANI ASING ~~ ANTIMAINSTREAM !!!
Jamannya sudah akhir huhuhu
*Islam muncul dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang asing.
*Rasulullah- Shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya “wahai rasulullah siapa yang asing itu (al-Ghuraba)?” Rasulullah- Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Yaitu orang-orang yang mengadakan perbaikan di tengah manusia yang berbuat kerusakan”.
*Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api

Aduhhh slide lainnya nggak sempet kecatet maaf,, saya kadung speechless, ngowoh denger cerita harian teh kiki.. mager gakbsa gerak,, super !!! masih mudaa ternyataa.. anaknya 5 homeschooling, ada yang  sudah hafiz,, mbohlah kuece badai pokoknya.. sudah sekian aja yaaa, mau semediiiii

Rudy habibie


​Rudy habibie 
Sudah lama pengen nonton film ini, karena udah lama juga ngefans banget sama pak bjh ini.. Baru keturutan sekarang nontonnyaa, telat banget yaaa.. Heheheh.. Tak apo lah.. Nahlo! Baru diawal film udah langsung dibuat jatuh hati sama film ini..

Banyak sekali hal yang bisa diambil.. Di awal scene sangat dibuat terpesona dengan papi rudy.. Aaahh papi rudy papi yang kecee banget.. Papi rudi selalu menjawab dengan cerdas semua pertanyaan rudy kecil tentang jarak, terbang, pesawat dan segala keingintahuannya.. Menjawab dengan sabar dan lugas semua pertanyaan bocah itu ihwawww bangett deh pokoknya.. Butuh fokus dan waktu banget! Gak dijawab seadanya, ga dijawab sambil ngulek sambel atau main henpiiinn.. Aaaahh PR banget buat emak2 rempong macam saya! Jawaban kita itu cikal bakal manusia pembangun peradaban! Camkan wahai rizka! 

Aahhh papi idaman banget deh ya pokoknya.. Disamping kecerdasan papi rudy, yang sangat lebih bikin jatuh hati adalah keimanan pada tuhannya.. dia mendahulukan beribadah diatas segalanya, mengutamakan ilmu diatas segalanya.. Penanaman akidah dan akhlak yang baik pada anak2nya.. Sholat berjamaah sekeluarga 🙂 aaah indahnyaaa.. Aaaah baru di scene awal saya udah dibuat mewek dengan kematian papi ini..

Film ini terus terusan bikin merindinggggg.. Bang rezaaaa!!  You made it !! Great works !! Jadi makin jatuh hati banget sama pak habibie.. 

Menjadi mata air yang bersih yang akan mencerahkan air sekelilingnya.. Bukan mata air keruh yang membuat segalanya matii.. Huwaaa mbrebes mili sepanjang film.. Begitu kuat sosok papi hingga selalu mengikuti setiap detik perjalanan kehidupan rudy.. Hai ayah2 di dunia you have to do like this for your son and daughter!!! Pembentukan sosok yang akan menjadi contoh banget buat anak2nyaa.. 

Hal lain yang bisa buat pembelajaran adalah tekanan.. Tekanan!!! Yah pencapaian besar berawal dari tekanan hidup yang tinggi! Move from your comfort zone.. Mata air keluar dari tanah yang bergejolak!!

Mamiiih!! Mami! Mami harus kuat! Mami harus lebih kuat daripada yang lain.. Mami yang menguatkan, membuat tegar anak2nya jadi mami harus lebih tegar!! Ibu harus kuat! Ibu gak boleh lemah dan baper depan anak yeee!! 

Huwaaah.. Liem, pieter, illona, ayu, poltak, mami, papi dan rudyyy.. Big thanks yaa inspirasiinya.. Dibalik cerita cintanyaaa yang tragis film ini banyak hal lain yang kueceeee banget.. 

Main yuk! Sebutkan anggota tubuhmu!


Assalamualaikum 

Kali ini ibu dija pengen bikin alat peraga yang bisa dimainkan sama si bocil.. Tema grup aud jumat ini adalah tentang pengenalan anggota tubuh.. Pengenalan anggota tubuh menggunakan tubuh anak secara langsung memang akan sangat lebih berkesan dan membekas di ingatan.. Tapi kali ini ibu pengen bikin alat peraga buat seru-seruan aja! Eh sekaligus ada manfaatnya lho.. Manfaatnya adalah mengenalkan anak pada gambar 2 dimensi. Hal ini bermanfaat juga untuk daya imajinasi mereka dalam membayangkan hal yang nyata pada sebuah gambar 2 dimensi.. 

Dija sudah bisa menyebutkan nama anggota badannya, tapi dengan permainan ini ibu harap dia bisa meletakkan gambar 2 dimensi itu di anggota badannya.. And yes she did it!!! Ibu harap dia bisa membayangkan gambar mata, gambar telinga, gambar tangan, gambar kaki dkk.. Ini bisa jadi bekal juga untuk dia membayangkan suatu benda nyata menjadi gambar.. Hahaha maklum ibunya ini susah banget bayangin sesuatu yang nyata jadi pola 2 dimensi alhasil si ibu ga jago gambar.. 

Alhamdulillah dija suka mainnya dan cukup excited.. Kapan-kapan eksplorasi yang lain lagi yuk nak.. We walk together, play together and learn together.. Semangat mencapai jannah kiddos !!!! 

Ini dokumentasi kita waktu bermain:

Ohyaaa.. Ada yang kelupaan.. Just fyi, ini alat peraganya sangat super duper murah.. Cuman berbekal kertas, centong bekas, tusuk sate, printer, plastik laminasi dan setrika.. Hahaha.. Ibu bikin diy laminasi dengan cara menyetrikanya.. Irit but still wondering yeahhh!! 

Alhamdulillah. Sekian dulu sharing bermain kita. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Aamiin.

Madrasah Quran 1


 

Assalamualaikum shalihat.. Kali ini cuman pengen share catatan kajian madrasah quran nya ustadzah Maya N. Lc. Ma pertemuan pertama kemarin.. Semoga memberi manfaat buat kita semua.. Silakan membaca.. 

Pertemuan Madrasah Quran – 2 September 2016 oleh ustadzah Maya
Manfaat Al-quran:
1. Meyakinkan bahwa Allah adalah yang berhak kita sembah
==dengan meyakini bahwa al-quran adalah berita dari Allah.
eg: Zaman nabi Musa yang tersohor adalah ilmu sihir, tukang sihir yang terkenal pun mengakui bahwa kemampuan nabi musa adalah bukan sihir dan tidak bisa ditiru jadi itu pasti datangnya dari Allah.
Zaman nabi Isa ilmu yang terkenal adalah ilmu penyembuhan terhadap penyakit, dengan adanya nabi isa yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan menghidupkan org meninggal maka dipastikan itu semuanya dari Allah, bukan kekuatan manusia.
Bangsa arab terkenal dengan kemampuan sastra nya, tetapi tidak ada satupun dari mereka yang bisa membuat kata-kata seindah al-quran.
2. Menjelaskan tata cara beribadah
3. Memberikan cerita/ kisah (1/3 dari al-quran adalah kisah) hal ini dikarenakan manusia lebih senang diberi cerita yang merupakan BUKTI daripada hanya diberi sekedar teori.

AL-IKHLAS
Asbabun Nuzul (Sebab turunnya) surat al-ikhlas:
Pada kala itu datang seorang kafir Quraisy kepada nabi Muhammad dan mereka menanyakan suatu hal kepada rosul:
Wahai Muhammad jelaskan kepada kami siapa tuhanmu?

Terjemah Intisari al-ikhlas:
ayat 1:
Katakanlah Dialah Allah yang satu-satunya (Allah yang Esa)
Ahadun=satu-satunya dan tidak ada yang lain, bukan wahid karena ada isnain dkk!

ayat 2:
Zat yang semuanya bergantung kepada-Nya, Semua makhluk membutuhkannya
Namun Dia tidak bergantung kepada siapapun
Ash-shomad=satu-satunya tempat meminta, tempat memohon

ayat 3:
Tidak beranak dan tidak diperanakkan, Allah yang kekal (Al-Baqi)

ayat 4:
Tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia
Kandungan  al-ikhlas:
1. Hakikat allah, Akidah, keyakinan hati, cara mengimani Allah, mentauhidkan Allah,
2. Penafsiran bagi wujud semesta: a. hakikat (sem­ua ada karena Allah) b. pelaku (semua kejadian terjadi hanya karena Allah)
3. Manhaj bagi kehidupan
Manhaj=pedoman/aturan.
a. terima hanya yang dari Allah
b. manhaj dalam beraktivitas
c. manhaj dalam hubungan kita dengan makhluk

Sekian yaa catatan pertemuan kali ini.. Next pertemuan bakal di share lagi.. Semoga memberi manfaat..
 

Bermain Geometri


Assalamualaikum

Jumat kali ini ibu mau bermain geometri bersama dija..

Karena ibu sedang (sok) sibuk ibu belum sempat bikin diy bangun2 geometri..

Heheh jadilah kita bermain dengan bangun2 geometri yang sudah ada..

Bangun-bangun geometri ini sebenarnya biasa dija pakai buat sensori play sih..

Ibu adopsi dari konsep maria montessori agar anak feel their works.. 

Jadi jarinya akan merasakan sisi-sisi dari setiap bangun geometri yang berbeda untuk membedakan bangun yang satu dengan bangun yang lainnya..

Tidak hanya melihat itu bangun A, ini bangun B dan blabla tapi mereka juga merasakan, meraba tiap sisi bangunnya dengan harapan pengalaman itu akan lebih melekat di ingatannya.. 

Si anak akan merasakan ohya ini kalau bangun A memiliki ujung yang runcing sedangkan bangun lainnya tidak dan seterusnya.. 

-The things she sees are not just remembered; they form a part of his soul. The hands are the instruments of man’s intelligence- (maria montessori)
Kali ini selain digunakan untuk sensory time ibu juga coba menambahkan pengenalan penjumlahan sederhana..

Dija excited banget nyanyi satu ditambah satunya sampe hafal (entah dia paham maksudnya apa enggak hahaha yg penting happy main ya nduk)..

Gak masalaaah belum bisa calistung yang penting mah hepi main bareng ayah ibu.. 

Hihii..

Maaf ini alat bahannya beli nggak diy, hanya simbol2 penjumlahan + dan sama dengan = yang diy bikin dari kertas lipat warna.. 

So simpel ya mom.. 

Kadang yang nggak simpel itu niatnya, suka ngeles sok sok sibuk *curhat

Selamat menikmati waktu bermain bersama si kecil ya mom.. 

Ohya dija juga seneng banget dapet lagu geometri dari tante mesa griyariset.. Lucu lagunya dija excited banget main sambil dilaguin.. Tante mesa ijin publish disini ya lagunya.. Insyaallah bermanfaat buat banyak bocil2 di indonesia.. 

Selamat bermain dan bernyanyii.. Salam kecup dari dija.. 

Sorting color dan mencocok


Assalamualaikum 🖐🏻
Kegiatan bermain ini bertemakan tentang warna🎨. Kali ini ibu ingin mengemasnya dalam bentuk sorting color. Sorting color akan dikolaborasikan dengan teknik mencocok di sterofoam yang sudah dialasi gambar berwarna. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah jarum pentul warna-warni, sterofoam, gambar berwarna, lem, wadah. Cara membuatnya pun sangat mudah moms. Gambar berwarna ditempelkan dengan lem diatas sterofoam. Jarum pentul dikondisikan di beberapa wadah sesuai dengan warnanya. Cara bermainnya dengan mencocok jarum pentul di sterofoam sesuai dengan warna di masing-masing bagian gambar. Anak akan bermain dengan asyik dan serius setelah ibu menerangkan dan memberi beberapa contoh cara bermainnya.  

Manfaat permainan ini adalah melatih motorik halus anak dari memegang jarum dengan benar dan hati-hati. Kegiatan ini harus dalam pengawasan orang tua ya moms. Manfaat lainnya adalah mengenalkan warna pada anak, membedakannya dan mencocokkannya. Koordinasi mata dan tangan juga dilatih dengan benar pada permainan ini. Seru dan mudah kan moms? Yuk kita praktekkan bersama si kecil. 

:mrgreen::mrgreen: