PENENTUAN KANDUNGAN TOTAL FENOL DAN KAPASITAS ANTIOKSIDAN DALAM BAWANG PUTIH DAN BAWANG MERAH KECILMENGGUNAKAN SPEKTROSKOPI INFRARED



FTIR (Fourier Transformed Infra Red ) digunakan untuk menganalisis/ mengetahui gugus fungsi dari suatu molekul atau senyawa.  Biasanya digunakan untuk mengidentifikasi suatu senyawa berdasarkan gugus fungsinya. Peak interoferogram pada hasil pembacaan data diperoleh akibat resonansi/ vibrasi gugus fungsi yang menyerap sinar infra merah.

Bawang putih (Allium cepa) jenis rempah yang paling sering dionsumsi oleh masyarakat dunia. Bawang putih ini mengandung tinggi senyawa flavonoid (quercetin) dan senyawa sulfur (tiosulfinat). Kedua senyawa ini memiliki efek dan aktivitas antioksidan yang baik.

Antioksidan dapat menginaktifkan radikal bebas dengan 3 cara yaitu: hydrogen atom transfer (HAT = dengan cara memberikan atom hidrogen), electron transfer (ET = transfer 1 elektron untuk mengurangi radikal, metal dan karbonil) dan kombinasi dari keduanya.

Cara preparasi sampel sebelum dianalisis menggunakan FTIR adalah

  • 4 varietas bawang putih dan bawang merah kecil yang digunakan adalah yang bebas cacat, tidak mempunyai cacat dan bercak-bercak. Kemudian sampel ini disimpan dalam keadaan gelap pada suhu 40C selama 2 minggu.
  • Kemudian kulit terluar dari sampel dihilangkan secara manual.dan lalu dihancurkan menajdi pure dengan menggunakan PowerBlendDuet™. Setelah menjadi pure disimpan dala keadaan freeze dried
  • Setelah bahan dikeringkan menggunakan freeze dried, kemudian sampel dihaluskan mejadi serbuk/ bubuk yang kemudian disimpan pada suhu 40C.
  • EKSTRAKSI POLIFENOL: metanol biasa digunakan dalam ekstraksi flavonoid pada bawang dan tanaman lainnya. Caranya: 3 gram bubuk freeze dried onion ditambahkan dengan metanol:water (70:30), dilakukan magnetic stirring pada suhu 200C dengan kecepatan 900 rpm selama 30 menit. Setelah itu dilakukan sebtrifugasi 3000 rpm selama 15 menit. Ekstrak dihasilkan dan disimpan pada suhu 40C
  • FTIR: menggunakan Nicolet Avatar 380 spectrometer, pada range 4000–400cm-1 .

 

this is a resume of journal food chemistry about :

Determination of total phenolic content and antioxidant capacity of onion
(Allium cepa) and shallot (Allium oschaninii) using infrared spectroscopy

by:

XiaonanLu
JunWang
HamzahM.Al-Qadiri
CarolynF.Ross
JosephR.Powers
JumingTang
BarbaraA.Rasco

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: