kacang merah.. kidney beans !!!


lagi pengen share tentang kacang merah nihh
asli banyak banget manfaat nyaaa…
🙂
let’s check it out..

Image

SERAT

kacang merah ini terkenal banget kalo dia kaya serat..
Rebecca Wood, writing in “The New Whole Foods Encyclopedia” : 
One cup of kidney beans provides the body with almost half of the recommended daily intake of fiber

Archives of Internal Medicine : #kidneybeans mrpkn makanan tggi serat, yang bisa mencegah penyakit jantung🙂
A cup of cooked #kidneybeans offers a little over 45 percent of your recommended daily intake of fiber (watson, 2010)
Dietary fibers include insoluble and soluble fibers, and both are components of the #kidneybeans lengkapkan kandungan serat di kcg mrh🙂

 

LEMAK

yg lgi diet juga enak lhooo.. lemak di #kidneybeans cman 1.7 gr/100gr, rendah kan dibanding di kcg kedelai itu 18 gr🙂
cocok banget diet pake #kidneybeans udah tggi serat bisa memperlancar pencernaan juga,, eh lemak nya juga rendah🙂 cucok morokocodot bukan sih, bukan dong  hahaha

 

B1 (THIAMINE)
#kidneybeans jg terkenal krn vit B1 thiamine nya tweeps,, dy mgndung 0.6 mg thiamine/100gr nah cukup itu, sesuaiin sama RDI (Recommended Daily Intake) nya kita

Yang punya anak bayi,, deuhh cucok abis dikasi bubur #kidneybeans. Secara tweeps RDI Thiamine nya bayi cman 0.3mg🙂 gabakal kkurangan B1 deh kalo dibikinin bubur kacang merah sama ibuknya di rumah..

jadi pengen bikininn bubur kacang merah buat bayi.. hahha tapi bayi siapa >.<
dan thiamine B1 itu penting lho ternyata eh ternyata buat bayi,, dan jgan sampek terjadi bayi kkurangan b1,, nah. bikin aja deh bubur #kidneybeans :DD

soalnya nih katanya Vital Health Zone: B1 is involved in the production of glucose (or energy) for the BRAIN and NERVOUS SYSTEM !!
soalnya klo kurang B1 ntar jadi nya >> loss energy to the brain and nervous system, a person become forgetful, depressed, tired & apathetic.

krn fungsinya buat ningkatin memori otak makanya penting banget kan buat ank2 jg,🙂 RDI nya ank2 0.6mg setara sama kdgn di 100 gr #kidneybeans

 

PROTEIN

eh proteinnya #kidneybeans jg lbh tggi dikit lho timbang kcg ijo. kcg ijo 22.2, kcg mrh 23.1 gr/100gr,, yo ayoo makan sup kcg merah #curhat

ehh tp hati2 lho cara masaknya #kidneybeans, soalnya kalo masaknya asal-asalan ntar malah bisa bikin flatulensi aka kembung perut aka ngentutan :p
knp #kidneybeans ini bisa bikin flatulensi aka kembung perut? karena dia punya zat anti gizi tweeps🙂 nah ini bisa disiasati dr cr msknya
flatulensi itu menumpuknya gas-gas di dalam lambung. Gejala paling ringannya adalah suka kentut.. Biarpun tidak bersifat toksik, tetapi harus tetap waspada, karena dalam jumlah tertentu penumpukan gas dalam lambung akan menyebabkan gejala patologis seperti sakit kepala, pusing.
yuk yuk kita memasak kacang-kacangan dengan cara yang benar.. Soalnya memang kacang2an ini mengandung oligosakarida dan zat antigizi lain yang menyebabkan flatulensi tersebut.
penghilangan senyawa antigizi yang bisa dilakukan adalah perendaman, perkecambahan, perebusan. Nah buat memasak ya paling gampang itu merendamnya J yukk yukk kita liat:

Cara memasaknya buat meminimalisir antigizi kacang merah:
1. Kacang merah dicuci bersih
2. Nah ini yang penting ! direndam dalam air bersih selama kurang lebih 1 jam.
3. Setelah 1 jam angkat kacang merah dan masukkan dalam air bersih dalam panci yang siap digunakan untuk merebus.
optimasi dalam perendaman dan perebusan ini bisa dilakukan untuk semakin meyakinkan bahwa zat antigizi di dalamnya sudah berkurang..

Selamat mencobaaa..
semangat hidup sehat !!

2 thoughts on “kacang merah.. kidney beans !!!

  1. mananinto says:

    dapet pengetahuan lagi nih. Saya juga sering konsumsi kacang merah, paling enggak dua bulan sekali. Saya konsumsi kacang merah karena katanya bagus untuk kesehatan otak, tau bener tau ngga. Tapi setidaknya saya jadi tau ada tips mencuci dan merendam kacang merah yg mungkin saja benar. Selama ini saya ga perhatiin durasi merendamnya, soalnya bukan saya juga yg ngolah si, tapi kalo dipikirpikir masih banyak ya masyarakat yg tidak tahu soal perendaman kacang merah ini. -+60menit bukan waktu yg sebentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: