FOLAT :)


as usual…
rizka akan memposting tulisan dengan background cerita yang sangat absurd, geje alias ndak jelas..
hahhaa..
pengen share tentang FOLAT nihh,,
ceritanyaa lagi pengen hamil, sok sok belajar tentang ibu hamill..
biar cepet hamil
aamiin
soalnya kalo hamil dan menyusui kan butuh asupan folat lebih tinggi daripada biasanya..
jadi yuk para ibu dan calon ibu…
kita belajar dulu apa sih itu FOLAT…
jangan sampai nih ya salah dalam mengonsumsinyaa..
soalnya kekurangan folat bakal jadi penyakit, kelebihan juga bermasalah..
makanya yang sedang-sedang saja sesuai dengan kebutuhan…
bahasa kerennya sih sesuai recommended daily allowance (RDA) kalo dibahasa pangan
hehhehe…

THIS IS !!

FUNGSI::PERAN::FOLAT
Asam folat sebenarnya adalah salah satu unsur dari vitamin B kompleks, yaitu B 9. Vitamin ini dibutuhkan untuk sintesis DNA. Jika selama hamil Anda kurang mengkonsumsi asam folat maka akan mengakibatkan terjadinya kelainan saraf pada bayi.

Folat adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air
oleh karena itu jumlah asupan folat yang direkomendasikan sangat disorot dalam dunia pangan

Asam folat memiliki dua efek fisiologis utama yaitu sebagai kofaktor enzim
sintesis deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan
dalam replikasi sel

Asam folat berfungsi untuk membentuk materi genetik di dalam sel tubuh.
Selain itu, asam ini juga berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Hal ini sangat penting untuk mentransfer oksigen serta nutrisi ke seluruh organ tubuh, dan juga untuk pertumbuhan jaringan. Asam folat, menurut penelitian terbaru juga mempunyai manfaat kesehatan lain yaitu sebagai perlindungan terhadap penyakit yang melemahkan seperti penyakit Alzheimer, beberapa jenis kanker serta stroke.

Kurang asupan asam folat dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti ulserasi dalam peradangan, tukak lambung dan diare kronis. Kekurangan asam folat juga mengakibatkan anemia.

95267-034-55C66AFB

CASE 
Pada masa awal kehamilan wanita, janin masih berkembang dalam rahim, asupan nutrisi seperti asam folat sangat dibutuhkan dalam fase ini,
agar saat lahir bayi kuat dan sehat.
Sebagian besar nutrionist menyarankan agar konsumsi asam folat yang cukup bagi semua wanita yang sedang hamil atau saat sebelum hamil.
Mereka berpendapat bahwa asam folat sangat penting karena mempengaruhi pertumbuhan janin, dari mulai pembuahan hingga pada saat melahirkan.
Cacat yang terjadi pada janin, biasanya terjadi pada masa awal kehamilan.
Maka, wanita yang belum merasakan kehamilan pada masa awal pembuahan, mereka harus selalu cukup asam folat agar janin terhindar dari cacat, seperti cacat pada tulang belakang, yang disebut spina bifida atau cacat tabung saraf.

Kebutuhan akan asam folat akan meningkat selama masa kehamilan
Menurut Mark Lawrence, associate professor dari Deakin University, Australia, idealnya seorang ibu hamil hanya membutuhkan asupan folat dan asam folat 600 mikrogram..

Wanita hamil memiliki peningkatan risiko defisiensi folat yang dikarenakan tuntutan percepatan pasokan folat untuk sintesis DNA dan reaksi transfer C (Tamura dan Picciano, 2006).

berat badan bayi yang baru saja lahir memiliki hubungan dengan asupan suplemen asam folat yang dikonsumsi oleh ibunya (Tamura et al., 2009)

kelainan embriologis dari sistem saraf pusat, sering disebut sebagai NTDs, hasil dari
kegagalan fungsi lipatan saraf dalam mengembangkan embrio (Botto et al., 1999).

Penelitian awal yang dilakukan Lucy Wills pada tahun 1931 menyatakan bahwa asam folat sebagai nutrisi penting untuk mencegah anemia selama kehamilan (Untoro 2002)

SUMBER FOLAT DALAM PANGAN
folat biasanya terkandung dalama makanan seperti jus jeruk, sayuran berdaun hijau gelap, asparagus, stroberi, kacang, dan kacang-kacangan tertentu (misalnya, kacang hitam dan kacang merah) (Kauwell, 2009)

Konsep bioavailabilitas folat mengacu pada efisiensi keseluruhan pemanfaatan, termasuk fisiologis dan biokimia proses yang terlibat dalam penyerapan di usus, transportasi, metabolisme, dan ekskresi (McNulty dan Pentieva, 2009; Caudill, 2011)

Asam folat dapat ditemukan secara alami pada sayuran hijau seperti bayam, hati, buncis, semangka, jus jeruk, brokoli dan sayuran berwarna hijau, brokoli, pok coy, asparagus.

Kini asam folat dibuat secara sintetis sebagai suplemen atau ditambahkan sebagai fortifikasi makanan tambahan seperti sereal dan susu.

Cara Memasak nya pun harus tepat tidak boleh terlalu lama karena dapat merusak kadar asam folat sampai lebih dari 50 %.
Akan lebih baik jika memasak sayuran dengan sedikit air dan merebusnya dalam waktu yang tidak lama.
Cara lainnya yaitu dengan mengukus, menumis atau dimasukkan dalam microwave.

yang mau tau pustaka dan jurnal-jurnal nya bisa hubungin aku ya..
hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: