Laa tahzan muslimah


Pertanyaan inii sering terlintas di pikiranku
Saat ak nggak istiqomah semua urusan muluuuss kayak jalan tol
Saat mencoba,, mencoba lhoyaaa.
Mencoba untuk istiqomah, ada aja ujian datang
Yahhh sbenernya ngertilah jawabannya apa
Cuman suka kepikiran aja
Allah pasti menguji hambanya sesuai takarannya.
Pasti aku bisa
Tak titeni pokokee.
Lek lagi puasa sunnah,, lagi riyadhoh..
Pasti adaa ajaaaaaaa
Misal nih.. Pas senin kamis an riyadhoh solat dhuha waqiah rohman..
Tiba tiba jamur matii. Gamau numbuh
Padahal itu jamur harapan satu satunya penentu ak cepet pulang ndang selesai ato enggak
Bismillah ta tumbuhin terus..
Tapi alhamdulillah juga ndak tumbuh terus
Aku tau mereka makhluk hidup yang hidupnya hanya allah yang genggam
Allah knows the best
Allahumma aamiin

Bukankah setiap keberhasilan dan usaha pasti ada jarak???
Yahh jarak itu harus diraih dengan SABAR yang AKTIF
Yaahh ak always try to inoculate the fungae
Berusaha terus berikhtiar dan bersabar tawakkal pada Nya..
Kun fayakun
Ndak ada yang ndak mungkin buat Dia
Laa tahzan
Man jadda wa jadda

Sudahh
Ni kasus jamur belum selese
Tapi sabaaaar ajaa
Ehh pas ayyamul bidh an lhakokkkk muncul lagi trouble
Data yg ta dapet dengan penuh perjuangan lhakok hasilnyaaa ndak lazimm
Kata pembimbing dsuru ngulang aseeek
Hahaha gilaa
Cobaan apalagii
Jadi aku kan ekstraksi snyawa obat antipatogen tanaman coklat tuh..
Yang produksi itu jamur aspergillus
Cara dapetin ekstraknya itu yahh lumayan soro. Ndak lumayan lagi se
Hahahah
Jadi kudu regenerasi jamurnya biar tumbuh subur gendut gendut
Kalo jamurnya sehatt ndak kontaminasi baru bisa dimasukin ke media pertumbuhannya dia buat memperbanyak dirii, nunggu 3 hari nih ceritanya..
Habis 3 harii dipindah lah jamur inii ke media beda lagi biar dia terpacu menghasilkan senyawa obat antipatogen tanaman coklat itu, ceritanya ngabisin 5 hari nihh proses.
Sekali fermentasi tuh udah 1 troli aja. 70-90an tempat gelas (erlenmeyer)
Nah kalo udah 5 harii..
Baru diangkatt istilahnya dipanen..
Hahahahah
Sudahhh santaiii
Belum slese proses yg sgat panjang inii
Habis panen tuh sampel harus di sentrifuse diendapkan biomassa nya buat diambil cairannya.
Nah cairan ini yg konon mengandung obat anti patogen nya coklat tadi..
Hbis ketemu cairannya lngsung dipekatkan
Udah pekat terus dikeringkan vakum
Nahhhhh slse proses ini keliatam dah..
Cuman dapet bbrp miligram lhooo bukan grammm!!!
Trus kecil miligram inii dianalisa ini lah itu lah
Yahh rempong gitu
Hahaha
Itu ga cuman dilakuin sekali tapi berulang ulang
Di purifikasi lah
Di identifikasi lah
Cari jenis media sumber C N yg cocok
Cari level yg pas
Optimasi keduanya
Ahhh fiuhh
Hahaha
Ceritanya emang diperbudak jamur

Aku juga nggak ngerti ngapain ak ginii
Buat apaa
Allah ridho ndakk
Yahhh keinginan rizka yg lugu adalah cuman bhagiain ortu nya
Bahagiain siapak siembuk yang pengen anak satu satunya berpendidikan jauh lebih tinggi dari mereka
Walau kadang mereka njawab keluh kesah curhatan kita dengan absurd dan ga jelas tapi nama kita disebut dalam doa mereka
Kata ustadz sihh birrul walidain ajaa yahh
Nurut apa kata ibu bapak
Jadda sekuat kuatnyaa
Insyaallah kunfayakun
Man jadda wa jadda
Pasti ada yang indah dibalik ini semua

SEBENERNYA SIH !!!
namanya penelitian pasti gagal maning gagal maning
tapi inii terasa sangat berat karena ada di kota orang
harus ninggalin kewajiban jadi istri nya sisuawin
harus ngurangin waktu buat berbakti ama siapak siembuk
yaaahh hidup memang pilihan yang kejam,.
hahhaa..
teteppp semangattt !!!

Semangat
Laa tahzan !!!
Dukungan sisuawin siapak siembuk inii yang bisa bikin bangkittttt
Buat take it again again again and again
Smangatttt !!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: