don’t be uneducated mother rizka !


heyhooo dears…
lama nih ga ngeblog..

pengen nih cerita tentang hari-hari pencarian ilmu persiapan kehamilaah.. *kayak sun go kong aja,, hihi

terinspirasi dari obrolan di sore hari yang kelabu hujan makan es mie dan bakso sama hijabersmates.. sangat terinspirasi dari mba chacha yang melakukan gentle birth,, home birth,,

jadi cerita bermula dari betapa bodohnya aku pada saat pencarian dokter dan rumah sakit bersalin terbaik di kota malang..
ceritanya mau klaim ke asuransi mana rs bersalin yang dituju buat jaminan kesehatan ibu dan anak nya *biarpun belum hamil *prepare
saking parno dan takutnya dengan proses persalinan aku searching cari ilmu gmana melahirkan ga sakit yaa…
dan entah kenapa pada saat itu yang muncul di halaman google adalah dengan ILA (Intrathecal Labour Anathesia)
okee dan tanpa pikir panjang aku cari rs bersalin yang menyediakan jasa ILA ini..
di malang ada beberapa rs yang menggunakan ILA..
soalnya aku sangat memohon dan berdoa aku harus melahirkan normal,, gak caesar operasi-operasi dkk.

bayanganku melahirkan adalah rumah sakit, dokter, kesakitan, teriakan, mengejan, keringetan, dan ga ada bayangan manis prosesnya selain bertemu dengan si buah hati…

nah kemarin waktu berbincang-bincang ringan hihih,, ak berasa ketohok banget…
helloo rizkaa how stupid you are!!!
mau ILA???
dek bayi belum lair aja udah kamu suntikin jenis-jenis pereda nyeri, anestesi mungkin sejenis morfin-morfin pereda sakit…
apakabar kesehatan dek bayii kalo gitu caranya??
ah begoo ya… untung sama ALLAH aku belum dikasi hamill..
disuru belajar dulu…

dan mba cha mengenalkan aku tentang GENTLE BIRTH…
proses kelahiran alamii.
kelahiran adalah proses dimana kita menyambut dek bayi,
harusnya disambut dengan perasaan senang gembira berduaan dengan sang suami..

sepulang dari bincang ringan itu aku langsung buka laptop searching!!
yakkk !!
lagi-lagi betapa bodohnya aku…
segudang informasi ada disana dan aku gak tau???
oh mennn katanya berpendidikan mennn.. tapi mempersiapkan baby gakbisa menn.. kudu banyak belajar mennn..!!!

yuk mari kita kupas-mengupas tentang gentle birth, home birth, water birth.. hasil baca-baca ku dari beberapa web, jurnal (lumayan men langganan perpusnas RI masi berlaku) hihihi

water birth sudah sangat tidak asing,, kalo ini aku ngerti dan emang pengen banget,, cuman masi iya enggak takut ama sarana yang dibutuhkan dan tenaga yang membntu…
POIN nya adalah aku masih belum tau POKOK INTI nya… jadi masi berpikir dua kali untuk beralih ke persalinan alami…

dan setelah belajar,, ak pengen bangett gentle birth…
dari sekian youtube tentang gentle birth yang aku tonton…
amazing banget nontonnya…
BEDA !!! BEDA ama di sinetron yah…
yang si ibuk tidur ama ngejen, ama keringetan, ama teriak, ama nangis nyubitin suaminya…
eh so swit banget liat ibu-ibu yang udah gentle birth..
sambil senam bola ditemeni suami, dengerin musik, bermesraan ama suaminya..
ada yang dia dengerin musik di kolam renang ditemeni suami dan fasilitator.
ada juga yang di rumahnya ditemenin kluarga besarnya,,
trus si dek bayi keluarnya enak banget,, si ibuk tanpa mengejan,, langsung si ibuk menyusui nya.. inisiasi menyusui dini nya dapet bnget..
pasti sakit itu pasti,, tapi sakit itu bisa diminimalisir tanpa menimbulkan birth trauma…

kata si dolgin eric j:
Nature’s design of the birth process is quite ingenious and efficient, though when things don’t go just right, its effects can be traumatic.
yang dibayanganku itu kayak orang-orang jadul, kayak hewan yang melahirkan asyik enjoy gitu deh..

kata reza gunawan suami dewi lestari yang seorang terapis juga bilang gtu sama kayak kata si dolgi eric j…
proses persalinan itu adalah proses alamiah,, bukan suatu proses medis..
jadi sebisa mungkin ditangani secara alami juga..
dia mengibaratkan proses persalinan seperti buang air besar..
kalo nggak kerasa mules belum waktunya kluar ya gausah dipancing-pancing, diinduksi dkk,

FENOMENA SEKARANG:
*hampir kualamin untung belum kesesat
– bangga kalo konsul ke dokter spesialis kandungan di rs terkecee hihi,, padahal eh padahal midwife, bidan itu pendamping terbaik dalam proses persalinan… hampir di seluruh video gentle birth yang aku tonton dia selalu menggunakan “fasilitator” yaitu midwife, suami dan org tersayangnya yang bisa mensupport..

– bangga ihh bisa usg 4d. apalagi sering-sering di usg.. *aku dulu merencanakannya
dan maluuu dong ihh.. betapa yaa betapa bego nya aku dong..
kata hasil searching di web bidan-bidan katanya sih ga perlu keseringan usg.. di masa tertentu kehamilan aja,, dan kalo nggak ada keluhan nggak usah dong di usg,, cuman buat ngliat idungnya mancung gak ini itu gak..
aku cari di jurnal dong, pnasaran teuing knapa kok gaboleh..
belum ada penelitian sih, belum nemu jurnal nya..
cuman nemu review review aja gitu,,
beberapa orang fetomaternal unit yang review bilang kalo emang usg hanya perlu di masa-masa tertentu aja..
untuk mengetahui kesehatan janin dan rahim..
kalo di review sih dikatakan kalo usg 4d itu biasanya digunakan kalo ada kasus yang ga bisa ditanganin sama usg 2d/ 3d..
misalnya nih ada jurnal Fetal behavioral and structural abnormalities in high risk fetuses assessed by 4D sonography..
kalo ada kelainan, abnormal, baru deh di usg 4d.. biar penanganannya tepat..
nggak juga dong dikit-dikit ke dokter periksa trus kseringan di usg aja, padahal ga ada keluhan apa-apa,,

hihihi
aku tuh jadi keinget pembantuku…
dia cerita,,,
ke 5 anaknya tu nglairin di kasur dia sendiri..
bidannya belum dateng dong si bayi udah nongol aja di kasur gitu katenye..
ya mungkin emang gitu kali yee yang bener…
yang gentle birth..

dari sekian web, jurnal dan youtube yang kupelajarin… inti dari gentle birth, water birth, home birth ini adalah:
– pemberian rasa nyaman pada sang ibu agar si ibu bisa melakukan pernafasan secara teratur, katanya si reza gunawan nih pernafasan sang ibu itu sangat berpengaruh sama keluarnya si bayi.. semakin teratur nafas si ibu,, semakin slow, gentle si bayi nongolnya,,, beda ama biasanya yang nafas ga karuan sambil ngos-ngos an,, ya ini bikin bayinya keluar dengan cara paksa juga dan soroh dan sakit bingits.. hihi..

– keluarin noh hormon cinta.. hihi hormon oksitosin
hormon ini dikenal dengan hormon cinta…hihi hormon yang kelur kalo kita lagi merasa nyaman disamping pasangan atau kerabat.. maka dari itu sangat disarankan memiliki suami siaga, hehee,, jadi di gentle birth ini yang sangat berperan penting adalah SUAMI !!!
suami harus bisa memanjakan istri dan memberi rasa nyaman, senang dengan suasana romantis gitu deh di video2 nya itu..
ada banyak penelitian yang menunjukkan hubungan keluarnya hormon ini sama kemudahan proses persalinan… Oxytocin in the Circadian Timing of Birth salah satunya…

– beri rasa nyaman private pada si ibu.. kata si reza gunawan ini ada hubungannya juga sama pengeluaran hormon oksitosin tadi..
katanya si Jonas.. di Division for reproductive and perinatal health care,, ibuk kalo mau melahirkan itu ada perubahan secara psikologi.. stress dkk.. inii yang bikin bukaan lairan itu gak naik-naik. dan dek bay ga keluar2. nah solusinyee… bikin ibu kerasa nyaman,, misalnya, nyaman di habitatnya (di rumahnya hihihi).
bayangin aja gimana ga sumpeknya si ibuk masuk rs bersalin se vip-vip nya itu masih tempat asing buat si ibu.. kalo kamarnya sendiri kan dia nyaman, kasur-kasur dia.. dia tau setiap jengkal detail rumahnya..

– the best position buat mbrojoll..
sesungguhnya di video yang ak tonton jarang banget malah hampir semuanya posisinya itu ga tidur telentang di kasur gitu,,,
di penelitian de jonge dan lagro jannsen (yang judulnya Birthing positions A qualitative study into the views of women about various birthing positions) itu ada berbagai hasil penelitian posisi terbaik melahirkan untung mengurangi rasa sakit.. kebanyakan sih sambil duduk, ada yang jongkok.. se pw nya si ibuk,, tapi dia bilang jarang yang sambil tiduran gitu..
secara ya gravitasi itu kebawah,, jadi dek bayi nya akan lebih mudah juga kalo dibantu gravitasi..
kayak BAB lah,, masak enak sih sambil bobok,, enakan ndodok.. hahaha.. yah entahlah mungkin kita kedoktrin sinetron,,

trus satu lagi yang sering diwanti-wanti sama tanteku…
adek bayi itu masik bisa hidup kok 2 hari setelah dia lahir tanpa asupan dari luar.. SO !!! peringatan keras !!! jangan terima sufor yah !!!
telatenin aja netek in si bayi sampek keluar, SABAR gitu kata tanteku katanya ihihi, wajar nggak bisa langsung keluar gitu airnya,,, kudu dipancing sedotan dek bayi dulu dong yah mungkin..
jangan nakal ya marketing2 delegasi2 perusahaan sufor..
kasian tuh bayii…
sudah banyak kasus bayi yang abnormal gegara ga minum ASI…
stop yaa..
mulai dari diri kitaa..
INISIASI DINI ASI !!
jangan sufor !!
6 bulan exclusive ASI thok!! lebih dari itu dampingin sama MPASI sampek 2 tahun🙂
kata mbak cha kmrn gini.. di alquran ada 2 ayat yang menganjurkan ASi.. ayat satu intinya minum asi sampek 2 tahun..
satu lagi ayat bilang kalo ibu nyusui bayi kurang dari 2 tahun berarti si anak itu jadi anaknya (mahramnya) kalo lebih dari 2 tahun dia bukan anaknya…
and we get the point !! we can think !!
apa yang ada di dalam asi 2 tahun pertama itu sampai bisa menjadikannya itu mahram (anak, garis keturunan)
penting banget kan,,

next yuk cari referensinya..
sekian dulu cuap-cuap dari rizka..
bukan bidan, bukan dokter, ga pernah nglairin…
cuman hasil blajar…
calon ibuk yang cuman pengen belajar biar anaknya lahir tanpa birth trauma, sehat, pinter soleh soleha,, calon ibuk yang cuman pengen menyambut bayinya dengan senyum, penampilan terbaik dan ASI
bismillah, yuk blajar terus..
lusa ujian kompre thesis..
skian dulu deh tulisannya,,
kapan-kapan belajar lagi yah..
kalo ada salahnya mohon dikoreksi,, dituturi sing bener gimana..
hihihi

kondisi: belum hamil, jangan ditanyai terus pehlis..
sama Allah suruh belajar dulu
ini baru sedikit secuil ilmu tentang persalinan..
belum tentang gizi saat kehamilan, mendidik anak agama, sosial, dkk
oh mennnn… rizka masih kotor,, butuh banyak belajar hihihihi

si suami sama sepupu yang unyukkkk !

adk

2 thoughts on “don’t be uneducated mother rizka !

  1. Menarik bahasannya!belajar emg ga akan ada habisnya,apalagi terkait ama peran kita sbg seorang (calon) Ibu,yg nanti akan diminta pertanggungjawabannya…
    Ttg ASI dlm Al Qur’an, ada bbrp poin :
    1.Yg menyangkut ttg pemberian ASI selama 2 thn,dijelaskan di surat Al Baqarah (2) ayat 233 n surat Luqman (31) ayat 14.
    2.Yg memberitakan betapa pentingnya pemberian ASI kepada buah hati,meski dlm keadaan gentingpun,ada di surat Al-Qashash (28) ayat 7 n 12.

    Semoga kita bs menjadi ibu yg tangguh,pantang menyerah untuk sll memberikan yg terbaik bwt buah hati+keluarga.
    Tengkyu!tulisannya jd kyk alarm bwtq biar trs belajar lo Riz,:D
    Be a great mother!:*

    • rizka says:

      aamiin…
      ahh mba mecemm inspirasiiii..
      aku jdi mengurungkan niat nglamar kerja di pabrik..
      hihihi.
      semoga anak kita nanti jalannya lurus soleh soleha akibat didikan kita yang masih terus belajar ini ya mbak..🙂
      kangen kangenn unyuk pengen ketemu ngobrol2 mbaak..
      kalo ketemu yg ga sepaham gitu ak kadang ikut-ikutan pengen kerja dsb, labil banget.
      untung slalu di alarm suami.. hihi
      >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: