asi exclusif 2 tahun ???


Assalamualaikum..
Hai-hai,,
Hari ini dija 8 bulan..
Dulu waktu blm 7 bulan masih suka sembunyi-sembunyiin umur, soalnya si dija belum makan (mpasi)
Hihii jurus andalan biar ga diceramahin ceritanya..
Tapi semakin kesini mau gak mau, ya kalo ada yang nanya harus dijawab..
Maaf sebelumnya ini hanya tulisan ibu yang nggak pinter, bukan dokter anak, bukan bidan, bukan nakes..
Ibu yang hanya kepo, curious, mengikuti entah insting atau kata hatinya..

 

Diawali dari si ibu ketika mengikuti training mpasi..
Di dalam kelas itu si ibu cuman mbatin, emmh kok gini ya kok gitu ya..
*Disarankan memberi mpasi dulu sebelum asi, biar anak mau makan nggak kekenyangan asi.. Jangan kasi asi dulu ibu-ibu, nanti anakmu kenyang gamau makan, gtm dkk..
Nah kalo udah kenyang asi knapa kudu dipaksa makan?
(entah ini cara berpikir ku yg terlalu bodoh apa ya) mpasi kan PENDAMPING ASI, tapi kenapa kudu selalu diduluin ketimbang yang utama ??
Dengan menunjukkan berbagai macam tips dan trik agar anak suka makan
Banyak juga dipaparkan tips dan trik mengatasi anak GTM (gerakan tutup mulut)
Emmhh, kayak ga sejalan gitu sama hatiku, kok si kecil digituin ya,, kalo ak jdi si kecil mah ak ogah..
Yang penting anak sehat kan tujuannya?
Bukan yang makannya banyak kan?
Bukan yang harus gendut kan ? (walaupun dija kegendutan gini hihi ==”)

*nanti anakmu kalo gak mpasi bakal kurang gizi.. kurang Fe, kurang ini, kurang itu..
Tapi pada kenyataannya smua resep mpasi yang didemokan pada saat itu pengolahannya juga agak panjang.
jadi si Fe yang banyak di rawfood bakal juga berkurang buanget kadarnya apalagi di bubur instan,, makanan yang sumber gizinya hanya vitamin dan mineral hasil fortifikasi (yang mungkin itu semua artificial bukan natural). Makin kerja keras dong pencernaan si bayi yang masih polos itu..

*nanti anakmu kalo ga mpasi bakal rewel kelaparan lho..
Nah solusinya kan bisa boosting dr si ibu biar makan padat nutrisi biar asi nya joss lagiii.

*Asi exclusif start 4 bulan (sblm tahun 2000an)
Klo skg 6bulan ya ibuibu kata pematerinya
Emmhh
Pnasaran lagi..
kok dimundur2in yaa??
Apa mreka jg lgi trial and error ??
Jangan2 nanti penemuan terbaru bisa jadi asi exclusif 2 tahun..
Who knows ??
Mending trial error ke anak sndiri deh..
Mreka yg akan kita pertanggungjawabkan di hadapan allah kelak..
Bismillah inshaallah semoga dimudahkan
Aamiin

Pertemuan kedua pembahasan no mpasi di seminar ibuku dokterku..
Disana bidannya juga menjelaskan better asi deh buat bayi <2 tahun..
Beliau bilang sedang penelitian asix 2thun di Jakarta dengan tim nya…
Saya tidak menemukan jawaban ilmiah mengapa tidak perlu mpasi di seminar ini..
Beliau hanya menyarankan asi 2 tahun berdasarkan quran dan hadits..

Oke..

Lanjutkan pencarian..

Akhirnya,,,
Aku bertemu wanita hebat yang sangat menginspirasi..
Mba deasi srihandi..
Seorang greenmommy..
Keenam anak beliau asi exclusive 2 tahun..
Menurut beliau anaknya nggak ada yang suka rewel,
daya tahan tubuhnya sehat nggak ada satupun yang pernah ke dokter,
nggak ada yang kurang gizi atau keterbelakangan sesuatu dalam perkembangan fisik dan kejiwaannya,
bonding anak dan ortu juga sangat baik menurut beliau..
Beliau free haid selama asi exclusive (kb alami juga nih)
Asi exclusive juga bikin tumor payudara sewaktu beliau gadis lenyap,
Daaaaann yang sangat aku harus tiru adalah karena menyeimbangkan berat badan..
Hahah
Ak banget nih kudu diet makanan sehat,,
Secara hamil dulu berat badan >80kg..
Hahaha amazing giant hulk deh..
Mba deasi… correct me if I’m wrong yaaa…
Makasii inspirasinya.. :*
Akhirnya membuat saya mantap menentukan pilihan..
*kayak mau married aja.. hihihi

sebelumnya maafkan kalo ada hal yang ga enak di hati semua yang membaca,,
ini hanya satu pilihan yang saya ambil,,
kalaupun ada ibu-ibu yang tanya,,
saya juga gak bisa kasi bukti journal, buku atau hasil penelitian apapun..
saya hanya belajar dari melihat fenomena balita2 yang seumuran dija..
saya hanya belajar dari apa yang saya lihat di sekeliling saya..
saya tidak menemukan journal dengan alpha 1% atau apapun yang validitasnya tinggi..
saya terdidik untuk harus mempercayai kata journal, kata buku sejak sd, smp, sma, s1, s2..
saya juga sering penelitian skripsi, thesis atau karya ilmiah lain,
tapi kali ini saya memilih untuk mengikuti kata hati ibu daripada journal-journal itu hihihi..
peace love and gaholl ya…
saya cuman share pengalaman aja..
saya pun belum berhasil menerapkan..
baru 8 bulan dija sekarang..
masih ada 16 bulan di depan..
semoga allah bimbing yang terbaik dan kuatkan..
aamiin
maaf saya tidak menerima dan melayani perdebatan,,
jika suka monggo, jika tidak suka monggo..
Sy open minded kok, masukan saran dan kritik membangun sangat ditunggu..
🙂

berbagai syarat dan ketentuan berlaku disini..
ibu harus belajar-belajar terus
harus kuat pendirian ttg idealisme2 yang sedang diusung
harus di support suami penting nih!!
Soalnya kalo suami ikut ngomporin biar dikasi makan, gagal deh pasti..
hihii
sebelum kenal mba deasi makan saya masih ngawur, hancur..
apa aja dimakan..
hihi jadi malu,, biarpun foodtechnologist tpi nggak bisa praktek makan yang bener..
disinilah saya merasa banyaknya ilmu sd, smp, sma, s1, s2 yang mubadzir..
makanya pengen homeschooling atau kuttab aja nih si dija aamiin hihihi
sejak 6 bulan memang adek minumnya extra banget..
dari adek lahir memang saya selalu pumping asip buat stock di freezer..
nah sejak 6 bulan itu kok stok asip saya menipis, saya sedikit kalang kabut..
besoknya setelah saya konsul dengan mba deasi,
saya langsung saya boosting nutrisi saya, air putih pun ditambah..
wah asi saya langsung lancar, freezer saya penuh asip lagi..
makasi greenmommy..
asi exclusive bikin free haid, kb alami, dannnnn paling penting BB ku turun buanyak,,
hamil 9 bulan 83kg, lahiran 70 kg, sekarang 57 meeeeen !!!

*nb: bukan berarti sufor, mpasi buruk kok buibu, saya tidak bullying, saya benar2 hny sharing sepenuh hati..
Setiap ibu pasti punya pertimbangan
Asal semuanya ada dasar pemikirannya..
Asi gratis dr allah lho buibu enak hihii..
Bye bye

 

 

 

 

 

 

3 thoughts on “asi exclusif 2 tahun ???

  1. ladysmallbee says:

    Halo mbak Rizka, boosting asi yang disarankan Green mommy apa ya selain dengan banyak minum air putih?

    • rizka says:

      Makan banyak buah sayur raw..
      Misal: jus buah sayur klo sarapan,
      Diseringin makan sayur buah mentah sama mengurangi daging merah..
      Makan superfood biji2an spt chia seed flax seed spirulina dkk

  2. Angie says:

    Mhn maaf butuh penjelasan, ini maksudnya asi ekslusif 2th apakah selama 2th asi saja tanpa makanan apapun atau pasca 6bln asi dilanjutkan sampai usia 2th plus makanan pendamping. tks.

Leave a Reply

