The beginning of life 


​Film The Beginning of Life yang diprakarsai oleh temantakita.com dan ashoka foundation ini cukup menggelitik, menjewer dan menampar saya. Nonton bareng yang diselenggarakan Komunitas Home Education Malang 11 agustus kemarin berlangsung hening. Ada beberapa ibu yang sampai menitikkan air mata haru. Ada beberapa hal yang sangat bagus untuk diulas dan direnungi

Otak bayi sangat berkembang diawal tahun kehidupannya. Neuron-neuron pada bayi tumbuh dan berkembang bersambungan dengan yang lain dipermulaan umurnya tersebut. Neuron pada bayi akan disfungsi jika tidak digunakan dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan ada pula beberapa neuron yang akan tumbuh berkembang dan menetap sampai dia dewasa. Neuron yang gimana tuh yang mampu bertahan sampai dia dewasa? Dia adalah neuron-neuron yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari daaaaaaaaannn YANG DIIKAT DENGAN KASIH SAYANG.. oh jleb jleb plak!! 

Anak-anak adalah mesin belajar terbaik di dunia. Beberapa pakar mengatakan bahwa bayi belajar sejak dia membuka mata ke dunia, bahkan ada juga yang mengatakan mereka belajar sejak dalam kandungan. Nah dari sini bener-bener saya merasa plaakk !! anak memang bukan kertas kosong yang harus kita paksa isi dengan mimpi-mimpi besar kita. Biarlah mereka belajar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tidak perlu memaksakan hal ini itu karena curiosity mereka mengalahkan apapun yang ada di otak kita orang dewasa yang pikirannya ruwet penuh belenggu. 

IBU.. james j. heckmen disana mengatakan bahwa kehadiran dan keberadaan seorang ibu menjadi sangat penting di awal masa kehidupan sang anak. Kasih sayang ibu yang sepanjang masa ini yang dapat menumbuhkan bonding yang kuat dengan si anak. Mendidik dan merawat anak menjadi sebuah pilihan yang sudah kita ambil sejak memutuskan untuk melahirkannya ke dunia, so proses panjang dan melelahkan ketika bersama anak nggak boleh kita anggap sebagai beban. Tetottttt kadang masih suka beban ngeluh capek sih,, sayaaaa nyaaa.. Untung ada cooler nya yang selalu selooooooooow yaitu ayah !!! 

AYAH.. Manda Gillepsie, seorang the green mama, writer, researcher, dia mengatakan sesuatu yang pasti bikin mayoritas ayah protes hahaha.. AYAH YANG BERTANGGUNGJAWAB ADALAH AYAH YANG ADA UNTUK ANAKNYA, bukan ayah yang semu, anak anda tidak peduli ayah akan membawa pulang uang atau tidak, dia hanya akan merasakan keberadaan ayah.. uwowwwww makjleb… Keberadaan ayah juga yang selalu ditekankan sama bu elly risman (idolaku heheh).. berayah ada berayahtiada. Dunia adalah pilihan, dan pilihan ada di tangan ayah. keep fighting buat semua ayah di dunia. Salut banget buat Finlandia, Swedia yang menyediakan cuti berbayar untuk ayah dan ibu yang sangat panjang, 1 tahun lebih booook. Ngerti banget Negara2 itu pasca melahirkan kita para ibu bener-bener butuh pertolongan ayah buat bantu handling bayiiik dan rumah. 

KEBERADAAN ANAK. Kadang kita suka tidak menyadari bahwa anak memiliki segudang ide dan kreatifitas. Bukan kita sih, saya maksudnya hahaha. Kadang saya memaksa anak dengan melakukan sesuatu dengan cara saya. Padahal yaaaah they can do better dengan segala keunikannya. Saya yang suka memasang belenggu, kotak-kotak yang membatasi mereka tumbuh dan melejit. Astagfirullah.. Mereka ada, pahami mereka, hargai mereka, peluk mereka. Oh meeeenn.. kratak kratak banget 

The last yang bikin tujleeeeeb adalah statement “Butuh satu kampung untuk membesarkan seorang anak, agar dia tumbuh menjadi anak yang baik” Saat dija bayi saya suka abai sih sama apa yang ada di sekitar. Halah biarin aja sikkk mereka yang nggak sama dengan kita toh ya hidup hidup mereka. Dannnnnn ternyata kebaikan itu harus disebar! Kebaikan harus dibagi! Karena mereka akan tumbuh bersama lingkungan bukan hanya dibawah ketek kita. Mencari komunitas yang se visi misi itu perlu!! Pelan-pelan menyebar kebaikan sekecil apapun katanyaa,, biar tumbuh dan berkembang bersama.. aaah terharu.. di film itu ada seorang ibu yang berbagi dengan anak jalanan, menyayangi dan merawat mereka.. ahhh mulianya dia,,semoga kita bisa bermanfaat buat lingkungan. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: